Minggu, 16 Januari 2011

Tips Cara Membuat Slide Presentasi yang Baik

Pernahkah anda merasakan kebingungan saat akan presentasi? Beberapa orang pasti pernah merasakan ini. Presentasi ini bisa dalam segala bidang, baik presentasi hasil pekerjaan, sidang tugas akhir, atau marketing. Berdasarkan hasil dari penelitian, presentasi yang paling sulit adalah presentasi untuk seorang marketing. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena seorang marketing harus bisa membuat calon client tertarik untuk membeli produk perusahaan. Disamping itu, marketing akan mendapat bonus yang cukup besar jika memang berhasil produk tersebut terjual dengan target yang ditentukan oleh perusahaan tersebut.


Lalu, apa gunanya presentasi? Ya, pertanyaan ini terkadang muncul dibenak seorang marketing yang masih awam. Presentasi ini penting karena dalam menjual produk perusahaan kita tidak mungkin menjual hanya berbicara dengan selembar kertas, katalog, atau mungkin tidak membawa sama sekali alias hanya berbicara. Calon klien kita butuh bukti bukan janji atau kata-kata. Untuk itu membuat slide untuk presentasi di depan calon client itu memang penting.

Tahapan untuk membuat slide presentasi dengan baik, yaitu :

  1. Judul
    Judul ini berisi nama perusahaan kita. Berilah jenis huruf yang menarik. Kalau perlu, ikuti huruf dari corporate perusahaan anda. Sebagai dasar bahwa itu benar-benar perusahaan anda.
  2. Tentang Perusahaan
    Halaman ini bertujuan untuk memberikan informasi sekilas tentang sejarah perusahaan anda. Kapan berdiri, awal berdirinya bagaimana, dll. Tapi ingat, tidak perlu sampai ber-slide-slide. Karena ini hanya sebagai pengantar kepada calon client anda bahwa perusahaan anda memang jelas.
  3. Pelayanan (Services)
    Slide yang satu ini juga tidak boleh kita lupakan. Karena jika memang perusahaan kita mempunyai pelayanan yang berbeda dari perusahaan, kenapa harus dilewati. Jadi usahakan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan anda benar-benar terbukti dan bukan bohong.
  4. Produk
    Di sini lah baru anda berikan produk-produk apa saja yang dijual oleh perusahaan anda. Mulai dari harga yang termurah sampai yang termahal. Jangan takut mempresentasikannya, karena bisa saja calon client anda yang awalnya memilih produk yang murah, justru akan berpindah dengan yang mahal. Karena melihat spesifikasi yang memuaskan bagi mereka.
  5. Client
    Jika perusahaan telah berdiri cukup lama, pasti sudah mempunyai beberapa client dari yang biasa saja sampai yang besar. Berikan list client anda, jika perlu berikan juga produk apa yang dibeli oleh client anda. Sehingga membuat calon client anda semakin percaya.

Slide presentasi yang dijelaskan diatas adalah inti dari presentasi dan harus anda masukkan dalam presentasi yang anda buat. Karena itu bisa menentukan apakah perusahaan anda layak dipilih calon client tersebut. Kalau memang ada yang dirasa perlu dan ingin ditambahkan, silahkan saja. Intinya, jangan terlalu lama untuk melakukan presentasi. Interaksi lah kepada calon client anda. Agar suasana meeting tersebut tidak terlalu kaku dan Jenuh. Satu lagi, gunakan kata-kata yang baik dalam membuat presentasi.


http://proweb.co.id

0 komentar:

Poskan Komentar

Contoh Bahan Presentasi

Promo

PhotobucketPhotobucket Photobucket

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons