Kamis, 04 Oktober 2012

7 Tips Merancang Presentasi Powerpoint

Keberhasilan sebuah presentasi tidak hanya terletak pada kepiawaian sang pembicara. Tapi juga bergantung pada seberapa menariknya materi Presentasi PowerPoint yang dibawakan.

seseorang boleh saja mempunyai gagasan yang paling hebat di dunia,
tetapi jika orang itu tidak dapat meyakinkan orang lain, gagasan itu tidak ada artinya.

    Gregory Berns



Salah satu sarana penyampaian materi presentasi yang cukup populer saat ini adalah memanfaatkan PowerPoint bagi pengguna Windows, atau KeyNote bagi pengguna Apple.

Meski demikian baik PowerPoint maupun Keynote hanyalah sebuah alat belaka. Kedua mahluk itu tidak akan berarti apa-apa jika tidak dikemas secara baik.

Untuk itu kali ini saya akan berbagi beberapa Tips untuk mengemas Presentasi PowerPoint yang bisa memukau pemirsa anda.


1.Rencanakan Alur Presentasi anda seolah anda akan membuat sebuah cerita
Dalam buku Beyond Bullet Points, Cliff Atkinson menekankan bahwa, “Hal yang paling penting yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan presentasi anda secara dramatis adalah bahwa anda harus mempunyai sebuah kisah untuk diceritakan sebelum anda menggarap slide PowerPoint anda.”
pemasaran itu seperti teater, rasanya seperti memanggungkan sebuah drama

    John Sculley

2. Buatlah Headline yang mencuri perhatian
Cobalah untuk merangkum seluruh ide presentasi anda dalam sebaris kalimat singkat yang mampu mencuri perhatian bahkan sebelum Presentasi dimulai.

Tulis Headline ini dengan Font dan ukuran yang mudah dibaca. Pilih Background yang tidak terlalu ramai agar perhatian tetap pada Headline anda.

Sebagai contoh, saat Steve Job mempresentasikan iPhone ia menuliskan Headline pada slide KeyNote nya dengan kalimat : “Hari ini Apple menciptakan kembali telepon!”


3. Buat Video Opening
Agar para pemirsa anda benar-benar terpukau dengan presentasi anda, berilah kejutan yang meggelegar dengan memutar Video Opening berdurasi antar 15 detik hingga 30 detik pada Slide PowerPoint anda.

Video bisa saja hanya berupa ucapan “selamat datang”, namun tampilkan dengan efek animasi yang benar-benar dramatis.


4. Lebih banyak gambar, kurangi Teks
Slide Presentasi PowerPoint dengan banyak tulisan umumnya tidak menarik untuk di tonton. Lebih baik gunakan gambar ilustrasi yang menarik, kemudian beri keterangan dengan kalimat singkat. Selebihnya, tugas presenter untuk menjelaskan 


5. Ajak Slide anda bernyanyi

Tambahkan beberapa sound effect untuk mengiringi presentasi anda. Lebih baik lagi jika Slide dihiasi dengan musik ilustrasi untuk mengiringi anda berbicara. Pilih musik instrumental yang lembut dan sesuai dengan tema presentasi. Namun hati-hati dalam memilih lagu. Salah-salah peserta malah terhanyut pada lagu dan jatuh tertidur 


6. Biarkan Slide anda Bercerita

Buatlah beberapa kisah sebagai pengantar materi anda. Jika perlu, pilih beberapa Film terkenal yang berhubungan dengan materi bahasan. Putarlah potongan Film tersebut , kemudian hubungkan dengan materi anda.


7. Closing yang Memukau

Tutup Presentasi anda dengan atraksi yang memukau. Atraksi tersebut bisa berupa Video Closing yang menggelegar, Games atau Video Clip yang menarik agar peserta bisa bernyanyi bersama.

0 komentar:

Poskan Komentar

Contoh Bahan Presentasi

Promo

PhotobucketPhotobucket Photobucket

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons